Seputar ACA

PT Asuransi Central Asia atau yang lebih dikenal sebagai ACA berdiri sejak tanggal 29 Agustus 1956. Hingga saat ini ACA telah memainkan peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, ACA meneruskan tradisi selama lebih dari 53 tahun memberikan kontribusi dalam dunia asuransi dan perekonomian Indonesia khususnya asuransi umum.

Perlindungan kami adalah kenyamanan Anda

Disamping usaha konvensional yang dijalankan oleh perusahaan, ACA telah masuk ke asuransi mikro dengan jaringan distribusi luas, yang mampu menjangkau masyarakat hingga ke pelosok nusantara. Dengan premi rendah, jaminan sederhana namun pasti.

Saat ini, ACA telah memiliki aset Rp 3.139 triliun, 59 kantor cabang dan perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia, 1 (satu) unit syariah yang berpusat di Jakarta dengan jumlah karyawan sekitar 1.300 orang. Per Desember 2009 permodalan yang dimiliki ACA mencapai Rp 2,2 triliun dan nilai RBC (Risk Based Capital) 264.47% jauh melebihi batas minimal 120% sesuai ketentuan pemerintah.

Salah satu dari keberhasilan ACA yang paling signifikan adalah berhasil mengimplementasikan sistem teknologi yang tepat khususnya dalam distribusi pelayanan dan purna jual produk-produk retail.

Dalam menjalankan usaha, ACA telah berupaya untuk menciptakan tim manajemen yang kuat dan profesional yang bekerja berlandaskan pada prinsip-prinsip good corporate governance.

Perusahaan berkomitmen untuk menyediakan perlindungan terbaik yang didukung oleh pelayanan terbaik pula. Selain itu, ACA senantiasa berusaha untuk menjadi perusahaan yang dipercaya serta dapat menghadirkan kenyamanan bagi para pelanggannya. Hal ini sesuai dengan motto perusahaan "Perlindungan Kami adalah Kenyamanan Anda".

Visi


Menjadi perusahaan asuransi profesional yang handal, mampu berkembang secara berkesinambungan, dan diakui baik di dalam negeri maupun oleh dunia internasional.

Misi


∞ Menjadi perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang sehat.
∞ Dikenal sebagai perusahaan yang bertanggung jawab.
∞ Dikenal sebagai perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang baik sehingga mampu menghargai     karyawannya dan membuat seluruh karyawan bagian dari perusahaan.
∞ Dan yang terutama adalah agar dikenal sebagai perusahaan yang mampu memberikan pelayanan     berkualitas tinggi kepada para nasabah.


Tanggal Peristiwa / Event
29 Agustus 1956 Berdiri Maskapai Asuransi “Oriental NV” yang berkantor di Jalan Asemka.
5 Agustus 1958 “Oriental NV” berubah menjadi PT Asuransi Central Asia.
30 April 1975 Anak perusahaan PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya (CAR) diresmikan.
1991 ACA menerbitkan polis asuransi tanaman untuk pertama kali di Indonesia.
1992 ACA membayar santunan klaim korban jatuhnya pesawat Garuda di Medan.
1993 ACA membayar santunan klaim korban jatuhnya pesawat Mandala di Medan.
1994 Motto “Perlindungan Kami adalah Kenyamanan Anda” resmi dicanangkan.
10 November 1997 ACA membayar klaim musibah pesawat Garuda di Sibolangit, Sumut.
1997 ACA membayar santunan klaim kecelakaan diri korban musibah pesawat Silk Air di Palembang, Sumatra Selatan.
19 Januari 1998 Grand opening kantor baru ACA di Wisma Asia , Slipi, Jakarta Barat.
1998 ACA bayar klaim kerusuhan Mei 1998 sebesar Rp 460 miliar atau hampir mencapai 30% dari total klaim asuransi waktu itu.
1998 ACA ditunjuk sebagai inisiator pertemuan Batam Rendezvous.
5 Agustus 1998 Pusdiklat Asuransi ACA di Ciloto resmi dibuka.
15 Desember 1998 ACA resmi mendirikan Hotline ACA 24 Jam.
1999 ACA pertama kali menyediakan fasilitas ACA Motor Assistance yang memberi layanan mobil pengganti pertama di Indonesia.
2001 ACA melaksanakan program One Day Experince (ODE).
Juli 2003 Predikat SANGAT BAGUS bagi ACA dari majalah INFOBANK.
23 Oktober 2003 ACA meraih predikat SUPERBRANDS 2003 - 2004
12 Agustus 2004 Unit layanan ACA Syariah diresmikan.
30 November 2004 ACA membayar klaim korban jatuhnya pesawat Lion Air di Solo.
Januari 2005 ACA membayar pengajuan klaim tsunami Aceh dan Medan pada akhir Desember 2004. Total pembayaran klaim yang dibayarkan mencapai Rp 70 miliar mencakup kelas properti, kecelakaan diri dan casualty.
9 Maret 2005 Hotline ACA raih Call Center Award 2005 dari Majalah Marketing dan Center for Customer Satisfaction & Loyalty.
9 Mei 2005 Tahun customer Focus ACA. Kampanye “SENYUM ACA”.
3 Juni 2005 One Day Experience (ODE) ACA di Universitas Trisakti.
28 Mei 2006 ACA & CAR berpartisipasi dalam Posko Peduli Korban Gempa Yogyakarta.
29 Agustus 2006 Peringatan ulang tahun emas ACA bertemakan “50 years of trust, care & commitment”.
9 - 10 September 2006 ACAVAGANZA, perayaan ulang tahun ACA ke-50 bagi karyawan dilangsungkan di Mal Mega Glodok Kemayoran, Jakarta.
10 September 2006 Peluncuran produk baru Travel Safe dan Personal Safe.
2007 ACA mengakuisisi asuransi HARTA Aman Pratama
Januari 2007 ACA menerima penghargaan Superbrands untuk kedua kalinya.
28 Februari 2007 ACA membayar klaim musibah banjir Jakarta dan sekitarnya. Tercatat 363 kasus klaim kendaraan bermotor, 513 kasus asuransi properti dengan perkiraan jumlah klaim mencapai Rp 210 milyar.
Maret 2007 ACA raih TOP Brand Award untuk kategori asuransi mobil dari majalah Marketing & Frontier Consulting Group.
28 Mei 2007 Hotline 24 Jam ACA raih The Best Call Center 2007. Termasuk penghargaan The Best Team Leader kategori Call Center kapasitas di bawah 50 seats dari Indonesia Call Center Assosiation (ICCA).
Juli 2007 ACA meraih predikat “Sangat Bagus” dari Majalah Info Bank untuk kelompok perusahaan asuransi dengan premi bruto di atas Rp 200 miliar.
23 Agustus 2007 Asuransi Rumah Idaman resmi diluncurkan.
September 2007 ACA membayar klaim musibah gempa Padang dan Bengkulu
Desember 2007 Premi ACA menembus Rp 1 Triliun.
9 Januari 2008 Travelsafe Domestik resmi diluncurkan.
8 September 2008 ACA melakukan pembayaran santunan klaim kecelakaan diri bagi 5 orang pekerja tower pemancar stasiun TV RCTI sebesar Rp 500 juta.




Artikel Terkait:

0 komentar:

Post a Comment